Home » » BUAH MERAH WAMENA PAPUA

BUAH MERAH WAMENA PAPUA

Written By PONDOK BUAH MERAH on Selasa, 10 Mei 2011 | 13.51


Buah merah asli

Daerah pada ketinggian 2500 m dpl. Di  Bokondini Kab. Jayawijaya Wamena Papua merupakan sentral penghasil buah merah, keanekaragaman buah merah dapat disini. Pohon buah merah dapat tumbuh pada dataran tinggi dan dataran rendah, dan sudah menjadi rahasia umum kualitas terbaik berada di dataran tinggi seperti Wamena.


Buah merah telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai penyedap  makanan yang mengandung gizi tinggi, selain itu buah merah merupakan penunjang makanan pokok sehari-hari. Kekurangan vitamin A di Papua jauh lebih kecil dibanding di pulau Jawa sekalipun, karena masyarakat kerab menyantab buah merah.

Buah merah pemilik akar tunjang ini oleh masyarakat disebut KUANSU dan dengan nama latin Pandanus Conoideus Lam. Buah merah dapat dibedakan berdasarkan ukuran buah, warna buah, dan bentuk buah. 

Sedangkan kultivar buah merah yang dikenal antara lain kultivar merah pendek, merah coklat, merah sedang, kuning panjang, kuning pendek, dan merah panjang. 
Saat ini kami mengolah buah merah dari kultivar merah panjang, karena jenis ini yang sangat berkhasiat untuk dijadikan obat. 

Buah merah yang kami olah untuk dijadikan sari buah merah / minyak buah merah di ambil dari daerah Bokondini, pengambilan buah merah dilakukan pada saat panen pertama (panen raya). 
Pengambilan buah merah pada saat panen pertama atau panen raya  akan menghasilkan buah yang baik dan berkualitas, berbeda dengan buah yang di ambil pada saat panen susulan. 

Kriteria buah merah panjang yang kami olah sebagai berikut : 
1. Jumlah buah dalam satu pohon mencapai 5 dan 10 rumpun / buah
2. Bila buah sudah patang baik maka emplu dalam lebih lunak.
3. Ukuran buah dengan diameter 10 s/d 15 cm dan panjang 60 s/d 110 cm.
4. Minyak sari buah merah yang dihasilkan tinggi rata-rata 12o ml /kg buah.
5. Mempunyai anakan yang banyak sekitar 5 s/d 10 anakan per rumpun
6. Pohon memiliki akar tunjang banyak sekitar 11 s/d 97 akar 


Kami adalah home industry yang berdiri sejak tahun 2006 , lokasi kami di Walesi Distrik Assolokobal Wamena Papua. Kami merupakan pondok pesantren yang  berkarya membuat obat sari buah merah yang sesuai dengan syariat ajaran Islam, seperti dalam membelah buah merah tidak mengunakan tulang babi atau tulang kaswari. 

Untuk kualitas sari buah merah dan keaslianya  tidak usah diragukan lagi,  Insya Allah sangat terjamin asli dan halal. Semoga dengan niatan yang baik akan terjalin tali silaturahmi amin Insya Allah. 

1 komentar:

  1. Alhamdulillah amanah dapat dipercaya kualitas asli, diambil dari buah merah pilihan. Untuk harga tidak mahal dan asli, silakan untuk mencoba.

    BalasHapus

Customer Service A
Pembayaran

DAFTAR ISI

Loading...